Saturday 13 August 2011

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 


1. Sahur
Hal yang paling penting saat puasa adalah sahur. Para pakar kesehatan pun menyarankan agar kita jangan sampai meninggalkan sahur saat puasa. 


 












2. Makanan Berserat
Makanan berserat umumnya susah dicerna oleh tubuh. Nah, ini dapat menunda lapar. Penelitian Pelayanan Gizi Rawat Inap RSHS Yufrida Leni Fayakun menganjurkan saat sahur agar memilih makanan yang lama dicerna di lambung supaya perut tidak cepat lapar.

“Semua konsistensi cair akan cepat hilang dari lambung. Dan yang paling lama dicerna adalah karbohidrat,” jelas Leni.

Makanan berserat yang mudah didapat

Buah-buahan : jeruk, timun dll
Sayuran : sawi, bayam dll




3. Cukup Minum Air Putih
Biasakan saat sahur anda minum air putih secukupnya. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.















4. Cari Kesibukan Yang Menyenangkan
Usahakan anda membuat kesibukan yang menurut anda menyenangkan. Ini dapat membuat anda lupa kalau anda sedang berpuasa. Dan biasanya kegiatan ini seolah-olah mempercepat waktu puasa anda. Tidak percaya? coba saja sendiri.













5.Tetap Berolahraga
Untuk menjaga kondisi badan, tetaplah berolahraga meski intensitasnya agak dikurangi. Jalan kaki atau lari pagi selama 30 menit tidak masalah. Meski anda berkeringat, lelah, dan haus, setelah mandi pagi atau mandi sore insya Allah badan anda segar kembali. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu meski berpuasa, kita tetap boleh mandi pada waktu pagi dan petang selama tidak berlebihan.

















6.Makanlah Kurma dan Madu Saat Sahur dan Berbuka

Agar kuat berpuasa, coba makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur. Begitu pula ketika berbuka puasa. Minum juga air secukupnya (minimal 3 gelas) agar anda tidak dehidrasi.

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim.

Kurma dan Madu kandungan kalorinya cukup tinggi dan bisa memberi anda energi yang cukup untuk beraktifitas. Selain itu makanan 4 sehat dan 5 sempurna seperti buah-buahan juga jangan dilupakan:

“Kemudian makanlah dari tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” [An Nahl:69]





     Tips Agar Kuat Menjalankan Puasa Ramadhan ini hanya untuk menguatkan tubuh anda selama berpuasa. Pada hakikatnya puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga menahan diri dari emosi, pandangan, ucapan, dan perbuatan. Semua itu harus anda laksanakan dengan ikhlas.

jangan lupa NIAT sebelum berpuasa ya 
  



                 SELAMAT BERPUASA

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!